Category Archives: Fisika

Ilmu Pengetahuan Alam

Mengapa gw senang Mengajar?

Mengajar,

Mungkin bagi kebanyakan orang mengajar itu menjadi guru di sekolah, menjadi PNS, mendapat gaji besar dan tunjangan tetap dan jaminan masa depan sebagai pegawai pemerintah.

Tapi mengajar seperti itu berbeda dengan apa yang gw pahami, jalani, dan sukai. Dengan mengajar gw akan selalu dituntut menyiapkan dan menguasai materi pelajaran sekolah. Itu emang keharusan, tetapi gw seneng mengajar karena gw akan selalu bersama anak muda yang dinamis, yang memiliki ketertarikan dan psikologis variatif.

gwwww getooooh looohhh

gwwww getooooh looohhh

Selalu hidup bersama orang muda dan membuat diri gw yakin bahwa masa depan mereka akan lancar-lancar saja dan sukses,itu membuat gw tenang. Dan mengalami kehidupan yang dinamis dan penuh kisah bersama mereka,itulah energi yang selalu membuat gw bergerak dan menyukai dunia mengajar.

Gw ga harus berada di dalam suatu lembaga pendidikan, karena itu hanyalah wahana saja bwt gw. jadi gw ga akan terikat oleh suatu lembaga tertentu. Gw kadang mengajar di sekolah, mulai dari SMP hingga SMA bahkan perguruan tinggi, namun seringnya gw mengajar di suatu bimbingan belajar. Ya karena gw ga harus bangun pagi dan menikmati kemacetan ibu kota, sehingga bimbel adalah wahana yang tepat bwt gw.

teman-teman sesama pengajar

Bersama teman-teman pengajar

gw udah mulai mengajar sejak SMA, kala itu gw sering bantu temen-temen di kelas yang masih belum paham pelajaran Fisika dan Matematika. Mereka sering bertanya dan diskusi pelajaran itu dengan gw, mungkin karena nilai gw di kedua pelajaran itu tinggi. karena bukan hanya tinggi namun juga suka, karena tantangannya, maka gw pun memilih ITB sebagai kampus gw, yang ternyata di kampus ini gw menemukan pelajaran lain yang sangat berharga.

Gw mengalami masa SMA, tentunya lo semua bakalan setuju sm gw kalo masa SMA itu masa paling indah, bolos, main basket, nongkrong di kantin, perpus, ngecengin cewek cakep. Itu kenakalan, yg gw juga pernah mengalami, namun gw berusaha tetap menyenangkan orang tua gw, dan sebagai pembuktiannya gw berusaha agar tembus di ITB, karena saat itu kampus inilah yang dianggap memiliki tingkat persaingan paling ketat se-Indonesia. Dua presiden negara ini berasal dari sana.

Semasa mengajar gw sering akrab dengan siswa/i gw terutama yang cewe. mungkin karena mereka suka belajar sm gw n gw juga suka ngajarin mereka, emang ada yang ga suka, ngeliatin cewe cakep? gw ga muna lah.

bersama salah satu murid gw

bersama salah satu murid gw

Yang paling gw ga suka adalah, kalo pengajar itu harus berbusana formal dan berbicara serta bersikap formal. Gw sangat ga suka anggapan kaya gitu, karena menurut gw hal seperti itu menciptakan gap antara pengajar dan siswa. Dan terbentuk hirarki serta jurang pemisah. menurut gw kalo lo pengen menjadi pengajar yang baik,diterima oleh siswa, maka lo harus bisa menjadi kawan, sahabat, teman yang baik dan selalu ada saat mereka membutuhkan lo.

Jadi lo dihormati bukan karena keterpaksaan, bukan karena kewajiban. Karena kalau seperti itu yang terjadi, maka mereka (siswa/murid) pun akan berlaku formal dan tertutup ke elo. Namun kalo lo menjadi sahabat bwt mereka, mereka akan terbuka sm lo, dan ketika mereka terbuka sm elo inilah, proses dialog, tukar informasi, sharing terjadi. Lo bakalan tau apa kekurangan dan kelebihan murid lo, lo bakalan tau apa kesulitan dan apa yang disukai oleh mereka, lo bakalan tau mengapa mereka ga suka terhadap suatu pelajaran.

malam mingguan bareng temen-temen pengajar dan murid gw

malam mingguan bareng temen-temen pengajar dan murid gw

Jangan selalu memberikan materi pelajaran kepada mereka apalagi pake cara yang biasa dan formal kaya di sekolah. mengapa ? karena mereka telah berada di sekolah dari jam  setengah tujuh pagi hngga sore hari selama 5 hari seminggu. Dan saat mereka akan menghadapi UN (Ujian Nasional) mereka bingung, harus belajar apa dan bagaimana caranya, karena saking banyaknya materi yang harus mereka pelajari dalam waktu yang singkat.

Fairuz, Maya

Fairuz, Maya

Kalo begitu, ngapain mereka selama ini, cape-cape belajar dari pagi ampe sore selama 12 tahun? (kalo diitung dari kelas 1 Sd sampai 12 SMA kan berarti 12 tahun tuh), sia-sia mereka beajar 12 tahun namun bingung mau jawab apa saat mau UN….

Mungkin itulah salah satu cermin betapa cacatnya sistim pendidikan di negara ini. Dan mungkin karena itulah bimbel-bimbel tumbuh bagai jamur di musim penghujan. Namun banyak juga yang bertumbangan bagai dau berguguran di musim kemarau….

Rizka n Auwdy

Rizka n Auwdy

Selama gw menjadi pengajar di bimbel (kurang leih ada 5 bimbel yang pernah gw masukin, dan gw menjadi sangat tahu seluk beluk, kelemahan dan kelebihan masing-masing bimbel itu) gw menemukan sesuatu hal, yang menjadi pelajaran berharga bwt gw, dan itulah mungkin yang semakin membentuk gw menjadi seperti sekarang ini. Kelemahan masing-masing bimbel itu telah gw ketahui sebabnya, dan keunggulannya pun telah gw ketahui sebabnya. Gw mengetahuinya, secara bisnis. Namun itu akan dibahas di topik lain.

kawan, learning, is ssoo fun,...

kawan, learning, is ssoo fun,…

Intinya, agar suatu lembaga pendidikan baik itu sekolah maupun bimbel dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar, nah itulah pekerjaan utama gw. karena itu yang menjadi misi suci gw, 4 juta lulusan SMA tiap tahunnya jangan menjadi benalu bagi negara ini, mereka layak menjadi sesuatu yang berguna dan menjadi pilar kemajuan bangsa ini.

Hanny, Jadid, Ucok

Hanny, Jadid, Ucok

Mungkin ada faktor lain mengapa gw mengajar, gw termasuk manusia yang selalu kesepian. jadi dengan mengajar gw akan selalu bersama banyak orang (murid-murid gw) yang akan selalu tertawa menikmati masa mudanya, masa SMA-nya, dan kebahagiaan mereka akan mempengaruhi gw untuk ikut berbahagia. gw akan mendukung apa yang mereka lakukan dan perjuangkan, bukan hanya agar dapat kuliah di tempat yang bagus namun juga aktivitas mereka, misalnya mengikuti pemilihan kang Nong (Auwdy), Abang None (Sabrina), Putri Indonesia, dll,

gw bareng Auwdy, siswi SMA 1 Ciputat, finalis Kang Nong Tang-Sel

gw bareng Auwdy, siswi SMA 1 Ciputat, finalis Kang Nong Tang-Sel

Kadang-kadang, gw n tim harus ke sekolah, ya bwt pengenalan program baru ataupun presentasi di kelas. Ini harus (biasanya) dikerjakan pagi atau menjelang siang, yang menuntut lo bwt bersuara lantang, karena lo harus speak di depan kelas ngejelasin program-program lo. Melelahkan namun menyenangkan kalo mereka antusias, kalo engga ya DL, derita loe dah! ada senangnya, ada dukanya. Dukanya, berpanas-panas dan suara serak karena habis keseringan ngomong di kelas. senangnya ketemu makhluk manis, misalnya murid yang cakep atau guru sekolahan yang cakep, kalo blm pada punya suami mungkin digodain habis-habisan sm gw n temen-temen gw, … gpp lah bro, kan engga ngelanggar undang-undang republik ini,

makhluk manis di suatu sekolah *****

makhluk manis di suatu sekolah *****

Lo mungkin seorang pengajar, atau guru, atau tutor, atau apalah, intinya begitu, walaupun lo lebih tua atau lo lebih dulu hidup dari murid lo, tapi mereka bisa memberi lo sisi lain, memberi lo pelajaran yang mungkin mereka tau tapi lo gak tau, manusia itu kompleks dan menarik untuk dipelajari, makanya gw sempet ngambil mata kuliah psikologi di kampus. mempelajari karakter manusia itu menarik dan asik karena selalu ada tantangan, hal-hal baru yang menuntut lo untuk terus belajar.

gadis ini, saat itu masih siswi SMA, sekarang mahasiswi IPB

gadis ini, saat itu masih siswi SMA, sekarang mahasiswi IPB

Murid gw berhasil meraih impian mereka, itulah keberhasilan menurut gw,

sarcut n jadid, skr jd anak IPB dan Unbraw

sarcut n jadid, skr jd anak IPB dan Unbraw

Murid-murid gw, yang slalu gw kangenin, lo semua, yang pernah slalu membuat gw tertawa,

gadis manis dari Rempoa, kini menimba ilmu di IPB,

gadis manis dari Rempoa, kini menimba ilmu di IPB,

3 Comments

Filed under Aktivitas sebagai Guru

SSC Mutiara Ilmu

Bimbel SSC Bintaro BSD Joglo

Bimbel SSC Bintaro BSD Joglo

inilah suasana berbuka puasa di Bimbingan Belajar Sony Sugema College

bukberssc

bukberssc

belajar di sini nyaman, asik, gaul bersama tutor profesional dan expert !

kami senang mengajar, membimbing dan menemani kalian dengan quality time kalian

Bimbingan Belajar SD, SMP, SMA, Alumni, mahasiswa

kami berhasil menghantarkan siswa/i kami menembus ITB, UI, UGM, Unpad, dan PTN Favorit lainnya

Ceria, nyaman, asik, open mind, profesional, aktif, dan sukses …. temukan di sini !

di sini kalian dibimbing oleh tutor-tutor dari ITB, UI, UNJ, UIN, Undip, Unbraw, dan PTN lainnya

3 Comments

Filed under Aktivitas sebagai Guru

Open House SSC Mutiara Ilmu

Open House SSC 2011

Open House SSC 2011

Open House SSC Mutiara Ilmu diselenggarakan setiap tahun di akhir semester ganjil. Tahun ini diselenggarakan pada tanggal 3 Desember 2011 di Universitas Pembangunan Jaya Bintaro di Bintaro Jaya sektor 7.

seperti Open House tahun sebelumnya, tahun ini pun diadakan seminar pendidikan yang kali ini mengambil tema,”Meraih Kursi Perguruan Tinggi Favorit” yang menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten yang memiliki prestasi di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan yaitu ;

1. Dr. Teddy Setiawan, MSc, beliau adalah dosen ITB

2. Hokky Situngkir, alumnus Teknik Elektro ITB yang menekuni Fisika dan Matematika sosial, beliau dijuluki “Bapak Kompleksitas Indonesia” oleh Bpk. Yohanes Surya. Pak Hokky ini mendirikan Bandung fe Institute (BFI) yang melakukan studi sosial ekonomi politik dengan menggunakan hukum-hukum Fisika dan Matematika.

3. Khalid Zabidi, Dosen Paramadina Jakarta, seorang pengamat sosial dan pendidikan, beliau mengasuh acara B-jak setiap hari Jumat malam di Jak-TV

Seminar ini dimulai pkl. 09.00 pagi

SUSUNAN ACARA OPEN HOUSE SSC MUTIARA ILMU

  1. 08.00-09.00         ;               registrasi, ramah tamah
  2. 09.00-09.15         :               lagu sambutan oleh Handy Band + vocal Melody
  3. 09.15-09.20         :               kata sambutan Dir. Mutiara Ilmu
  4. 09.20-09.25         :               kata sambutan ketua panitia

Setelah sambutan MC memperkenalkan pembicara lalu alumni SSC tampil dengan jaket almamater masing-masing : ITB, UI

  1. 09.40-10.10         :               Dr. Teddy Setiawan, M.Sc (Dosen ITB)
  2. 10.10-10.40         :               Hokky Situngkir (Peraih Bakrie Award Kategori Ilmuwan Muda)
  3. 10.40-11.10         :               sesi Tanya jawab
  4. 11.10-11.40         :               Luthfi Alkatiri (ketua Alumni FE-UI)
  5. 11.40-12.10         :               Tanya jawab
  6. 12.10-12.30         :               parade kampus+music + film

peta lokasi seminar SSC

ENSSYCLO 2011

seminar SSC Mutiara Ilmu

Leave a comment

Filed under Fisika

LISTRIK STATIS

Nomor 1

jawab :

dicOP

dicOP

Nomor 2

listrik statis ssc dicky

listrik statis ssc

jawab :

LisTat2

Listrik Statis dicky SSC

Nomor 3

jawab :

soal listrik statis SSC

soal listrik statis SSC

Nomor 4

Nomor 5

soal listrik statis SSC

soal listrik statis SSC

jawab :

soal Listrik Statis SSc by Dicky

soal Listrik Statis SSc by Dicky

Listrik Statis SSC by Dicky

Nomor 6

nomor lainnya menyusul, karena perlu produksi JPEG dulu pake Corel DRAW 12. kalo pengen nanya langsung datengin gw aja brother n sista! boleh lah kita NGOPI alias NGObrol PhysIka, lebih enak malming sambil nongkrong, di beskem macan Bintaro  aka BINTIC (Bintaro Tiger Club-affiliated to Asosiasi Tiger Jakarta ATJ, alias HTCI Pengda DKi Jakarta) jam 9 malem ampe pagi, terserah dah mau ngapain aja…

Leave a comment

Filed under Fisika

Optika Fisis

Apa itu optika fisis?

Ini salah satu bab dalam materi pelajaran Fisika di SMA, tepatnya di semester 1 kelas 12 IPA. Optika Fisis membahas fenomena-fenomena cahaya.

Apakah cahaya itu?

Cahaya merupakan salah satu bentuk energi. Karena cahaya itulah kita dapat melihat benda-benda di sekeliling kita termasuk diri kita sendiri. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, yang dapat merambat tanpa kehadiran medium. Secara perambatannya ia merupakan gelombang transversal.

Karena ia merupakan gelombang, cahaya dapat dipantulkan (refleksi), dibiaskan (refraksi), polarisasi, didifraksi, interfrensi, dispersi. Lebih lanjut akan gw bahas.

Hari Selasa, 18 Oktober gw ngejelasin bab optika fisis khususnya tentang cincin newton, selain interferensi, difraksi, dan polarisasi.

Cincin Newton adalah fenomena terbentuknya cincin pelangi atau goresan-goresan melingkar yang ditimbulkan proses pembiasan cahaya dari suatu lapisan tipis ke medium (kaca, lensa lengkung) yang mengakibatkan perbedaan diameter goresan-goresan sehingga terbentuklah cincin newton.

berikut pembahasan soal-soal OPTIKA FISIS SSC

jika L dan M adalah posisi celah maka terang pusat sejajar dengan titik S, sehingga terang pusat adalah di titik R, maka P adalah terang pertama, yang dihasilkan dari superposisi maksimum orde pertama, bernilai satu λ, maka jawabannya adalah E

nomor 2

nomer 2

terang terjadi akibat superposisi konstruktif (interferensi maksimum) yang bernilai λ, 2λ, 3λ, 4λ, ….dst, atau bernilai 2π, 4π, 6π, 8π, atau senilai dengan (n+1) 2π. Maka jawabannya adalah D

nomor 3

interferensi

celah ganda

Dari soal di atas diinformasikan data :

panjang gelombang = λ = 5000 Å = 0,0000005  m

jarak antar celah = d = 0,2 mm = 0,0002 m

jarak layar ke celah = L = 1 m

ditanyakan : jarak antar dua garis terang berturutan = P = Y dengan n=1

maka P = nλL/d = 1 x 0,0000005 x 1 / 0,0002 = 0,25 cm, maka jawabannya B

halaman 150

nomor 4

ssc opsis

optika fisis interferensi ssc

dari soal diketahui bahwa :

jarak antar celah = d = 0,10 cm = 0,001 m

jarak celah – layar = 60 cm = 0,6 m

pemisahan antar pola terang (n=1) adalah 0,048 cm (artinya P=0,048 cm=0,00048 m)

maka panjang gelombang cahaya = λ = dP/nL = 0,001 x 0, 00048 / ( 1 x 0,6)= 800 nm, jawaban E

nomor 5

data yang diberikan :

jarak antar celah = d = 0,2 mm = 0,0002 m

garis terang ketiga (n=3) terletak 7,5 mm dari pusat ( P = 7,5 mm = 0,0075 m)

jarak layar dari celah = L = 1 m

maka panjang gelombang = λ = dP/nL = 0,0002 x 0,0075 / (3 x 1) = 5000 Å, jawabannya D

nomor 6

dari soal di atas diberikan data :

jarak antar celah = d = 0,3 mm= 0,0003 m

jarak layar dari celah = 0,9 m

jarak gelap kedua (n=1,5) ke pusat pola = P = 3 mm = 0,003 m

Tentukanlah panjang gelombang λ,

λ = dP/nL = 0,0003 x 0,003 / (1,5 x 0,9) = 0,0000006666… m = 6666,7 Å, jawaban tidak ada di option. Jika terjadi hal seperti ini kamu jangan bingung, mungkin terjadi salah penulisan pada option.

NOMER 7

Halaman 150 nomor 7 STEP By Step SSC

Halaman 150 nomor 7 STEP By Step SSC

dari soal diberokan data :

jarak antar celah = d= 0,3 mm = 0,0003 m

jarak celah ke layar = L = 50 cm = 0,5 m

jarak garis gelas ke-2 dengan garis gelap ke-3 (n=1) adalah 1 mm = 0,001 m

tentukanlah panjang gelombang sinar !

panjang gelombang = λ = dP/nL = 0,0003 x 0,001 /(1 x 0,5) = 0,0000006 m = 600 nm, jawaban E

 

pembahasan soal lainnya menyusul, setelah soal selesai di scan, akan gw aplot beserta pembahasannya.

bagi anak2 SSC dateng aja langsung ke SSC, ketemu gw boleh, sambil ngopi mocca float ato starbuck or cappucino boleh…

dickyhasbiCARD

dickyhasbiCARD

Leave a comment

Filed under Fisika

waktuku, kuhabskan di dalam ruangan kantor dan, di kelas …

Selasa, 18 Oktober 2011 bangun sebenarnya jam 7 trs tidur lg tp alarm hp usep bunyi terus tiap 5 menit, akhirnya bangun aja, mandi, trus ngeluarin si hejo ke parkiran.

lalu tidur lagi, pasang alarm jam 10. Dan dibangunkan jam 9 lewat oleh teriakan Mbak Thina dan usep karena ada telpon dari Bu Artini. hufff…… ngeganggu aja…

Isi telponnya cuman nanyain tentang spanduk dan apa yang harus dilakukan untuk joglo (kan udah gw sampaikan di raker…)

akhirnya seharian ampe jam 3 sore ngedesain spanduk bwt di Joglo. jam 3 harus menggantikan pak supri,ngajar anak Sd, males banget dah….. akhirnya gw ajak aja bocah2 itu quiz n ngegambar…. dan mereka tertawa dah…

selasa ini mengajar 3 sesi, jam 3, jam setengah 5, jam setengah 7, hingga jam 8 malam pun masih ada yg konsul, setelah itu aku langsung tidur…… naro badan yang cape ini di kursi…. jam setengah 11 bangun, trus pindah tidurnya ke atas matras…. tertidur pulas hingga keesokan paginya…

Leave a comment

Filed under Aktivitas sebagai Guru, Fisika

Pelatihan Jurnalistik

Minggu ini akan diselenggarakan pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri 2 Tangerang Selatan, Jl. Puspitek, Muncul No. 1, Setu – Kota Tangerang Selatan.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Sony Sugema College BSD dengan SMA Negeri 2 Tang-Sel. Menghadirkan pembicara :

  1. Supriyanto Annaf – eks-editor Media Indonesia
  2. Dwi Sawung Rukmono – Blogger, Reporter WWF,
  3. Huda Surya – Fotografer lepas

berikut susunan acaranya :

  1. 08.30 – 09.00  :           registrasi peserta
  2. 09.00 – 10.00  :           Teknik penulisan Strightnews dan feature – Supriyanto
  3. 10.00 – 11.00  :           editing – Supriyanto
  4. 11.00 – 12.00  :           eksperimen penulisan berita  – Dwi Sawung Rukmono
  5. 12.00 – 12.30  :           ishoma
  6. 12.30 – 13.00  :          pengambilan gambar dan dasar fotografi – Huda Surya Buana
  7. 13.00 – 14.00   :          eksperimen fotografi – Huda Surya Buana/Dwi Sawung Rukmono

 

Bagi kalian siswa SMA dapat mengikuti pelatihan ini dan memperoleh sertifikat. Caranya cukup mendaftar ke

SSC BSD

Ruko Golden Madrid II Blok H. No. 5 Jl. Letnan Sutopo BSD

info : 021 92124248

 

Leave a comment

Filed under Aktivitas sebagai Guru

Hari-hari menyusun proposal

mata seperti tak tahan tuk menutup, badan serasa merindukan sangat sebuah kasur empuk, otak serasa ingin sejenak berhenti berpikir …

hari-hari terasa sangat panjang dan melelahkan, waktu, tenaga dan pikiran serasa habis hanya untuk menyelesaikan proposal seminar yang entah mengapa seakan tak kunjung usai…

Diangkat Menjadi Sales Manager

semua berawal di pertengahan juni, sebulan sebelum kontrak kerja berakhir. Rencana ingin resign dari kantor, karena ingin merintis usaha sendiri dengan membuka studio desain, menyalurkan hobby alamiahku…

namun sebulan sebelum kontrak kerja selesai, pihak manajemen di kantor menanyakan kesediaanku untuk memperpanjang kontrak kerja, dan karena memang belum menyediakan waktu untuk berpikir kuminta waktu seminggu tuk menjawabnya.

Setelah seminggu kusampaikan niatku untuk berhenti bekerja dan kalaupun harus aku hanya akan bekerja 4 hari per minggu dan hanya 4 jam per harinya. Maksud yang tentu saja tidak diterima karena tenaga dan pikiranku sangat dibutukan di sini. Pihak manajemen kesulitan menemukan penggantiku, pengajar Fisika sekaligus matematika yang handal dan menyenangkan (bukan sombong ya..)

Akhirnya kuungkapkan niatku untuk membangun usaha sendiri. Dan pihak manajemen memaklumi keinginanku namun sekaligus mengharapkanku tetap berada di kantor, menyiapkan siswa SMA menghadapi tes seleksi masuk perguruan tinggi. Dan pihak manajemen menawarkan gaji baru, yang tentunya lebih tinggi darisebelumnya.

Karena menyadari kondisi yang memang tenagaku dibutuhkan, dan kepedulianku pada anak-anak, maka aku pun kembali menyatakan kesanggupan tuk tetap berada di lembaga pendidikan ini. Namun untuk menghilangkan kebosananku aku meminta tidak hanya mengajar, aku ingin menerjuni dunia marketing.

Akhirnya awal Juli 2011 aku resmi menjadi bagian dari manajemen Mutiara Ilmu sebagai Sales Manager, yang bertugas meningkatkan angka pendapatan.

Sejak saat itulah aku harus bangun lebih pagi (biasanya bangun siang jam 1) dan pulang tetap pada malam hari jam 8.

Akhir Agustus aku kembali dipercaya memegang posisi lain, yaitu sebagai ketua panitia seminar tahunan. Untung saja di awal Agustus aku tidak mencalonkan dan menolak menjadi ketua club Motor Tiger. dapat dibayangkan jika waktu itu aku meerima posisi sebagai ketua Bintaro Tiger Club, akan sangat sibuk hari-hariku siang dan malam…

Leave a comment

Filed under Aktivitas sebagai Guru

Statistika

Jumat, 29 Juli 2011, 18.30-20.00 mengajar Statistika untuk kelas 11 IPA di BSD. peserta ada 8 orang, Tika,Riska, Soleh, 4 lagi blm hafal namanya. Ga ngejar kuantitas soal tapi kualitas. Biar sedikit yang penting mereka paham dan hari ini ada sesuatu yang nyangkut di ingatan otak mereka..

Leave a comment

Filed under Aktivitas sebagai Guru

SOAL FISIKA UJIAN NASIONAL SMP berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

1.                  menentukan satuan dari suatu besaran pokok

2.                  membaca alat ukur

3.                  menentukan salah satu variable dari rumus massa jenis

4.                  menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

5.                  menentukan salah satu variable dari rumus kalor

6.                  membedakan jenis gerak lurus dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari

7.                  menentukan variable dari rumus tekanan pada suatu zat  dan

8.                  menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari

9.                  menentukan besaran fisika pada usaha dan energi W=F.s, ,

10.              mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : bidang miring, katrol, tuas

11.              menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang , , , , ,

12.              menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya

13.              menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin ,

14.              menentukan besaran-besaran pada alat optic dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

2 Comments

Filed under Fisika