Harga Sebuah Kesadaran akan Hukum

karena kesibukan bekerja sebagai sales, juga sebagai ketua suatu event (seminar), dan mengajar mengakibatkan kurangnya waktu untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan diri sendiri dan hal-hal di sekitarku.

melihat STNK tertulis tanggal 30 Oktober 2011, artinya STNK si macan Ijo harus diperpanjang, tentunya membutuhkan waktu yang cukup memadai, mungkin seharian. karenanya sejak pagi hari jam 8an kuinformasikan kepada Pak Supri, manager operasional di kantor kalo aku baru masuk jam 3 sore, berkaitan perpanjangan STNK.

Kupikir untuk perpanjangan ini dibutuhkan BPKB, maka jam 10 pagi segera ngacir ke daerah pasar Pondok Gede. Si Ijo kutebus dari Bro Guntur, yang mendiami sebuah rumah di Komplek Pondok Suri Pondok Gede, pada bulan juli lalu. namun pembayarannya baru kulunasi bulan agustus, itupun lewat transfer antar bank. jadi BPKB masih di tangannya.

Tiba di Pondok Suri jam 11 lewat, tidak cepat memang karena aku tidak ngebut, ya sekedarnya saja, dan sesampainya di Pondok Gede pun lupa-lupa ingat di mana rumahnya.

Setelah urusan BPKB selesai, jam 12 lewat langsung gas menuju ciledug, tepatnya kantor ADIRA Ciledug, karena di situlah mangkalnya agen perpanjangan STNK dan surat2 lainnya yang berhubungan dengan motor.

Ternyata setelah setahun tak ke ADIRA, lupa deh, ternyata kantornya udah pindah, karena kini kantor yang dulu ditempati Finance Company itu telah menjelma menjadi minimarket. menurut tukang parkir, ADIRA pindah ke dekat GIANT Kreo. Akhirnya putar balik menuju GIANT Kreo.

setelah parkir di depan gedung ADIRA yang baru, segera masuk ke dalam, dan ngadem bentar. Si mas2 agennya lagi ke toilet, ya menunggulah 10 menit.

Si agen menjelaskan kalo ingin perpanjang STNK harus menyertakan STNK asli yang sekarang dan KTP nama yang tertera di STNK. wah berarti gw harus ke perum 2 tangerang neh, jauh juga padahal jarum jam udah menunjuk angka 13. namun kalo akan balik nama gak harus pake KTP si pemilik nama di STNK, bisa pake KTP sendiri. Tapi yang jadi masalah, gw gak punya KTP Jakarta atau Tangerang (belum bikin, punya juga KTP Bandung). Akhirnya si mas agen nawarin gimana kalo pake KTP dia aja, ah Ogah gw! masa motor gw pake nama dia…

btw, perpanjang STNk Tiger 95 Rp 500.000,00, kalo balik nama Rp 700.000,00. Akhirnya kuhubungi icha lalu kutemui doi di deket rumahnya di daerah petukangan, mau minjem KTP icha, ya kalo si Ijo ber-STNK dan ber-BPKB nama doi kan gpp, anggap aja hadiah ultah doi, karena 3 minggu lagi doi ultah.

Jam 2 baru ketemu doi, karena doi kebetulan lagi gak kerja dan hari ini libur, jadi nunggu doi mandi, karena ternyata dari pagi doi belum mandi. Akhirnya gw menunggu di deket sebuah TK sambil menikmati sop buah, segeeerrrr banget di siang hari yang panasss ini…. ahhhh…

jam setengah 3 gw ngacir lagi ke ADIRA dengan membawa KTP icha, dan sternyata KTP icha pun tidak bisa dipake karena bukan KTP Tangerang. menurut si mas agennya bisa aja diurusin, tapi jadinya mutasi (dari tangerang ke DKI), akhirnya gw minta sekalian aja pake nama gw, jadi mutasi ke Jawa Barat. Ternyata menjadi lebih ribet lagi karena kalo mutasi ke Jawa Barat si masnya gak sanggup, karena waktunya juga lama dan ribet harus ke samsat bandung.

Akhirnya balik nama dengan KTP icha, artinya si Ijo mutasi ke DKI. Bayar jasa dan administrasi lebih dari satu juta! tepatnya Rp 1.250.000,00

yah, gpp deh…. demi kesadaran dan legalitas hukum berkendara………. padahal tuh duit bwt beli kamera (digiCam) ato bwt beli BB….

Leave a comment

Filed under My Tiger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s